Membuka Data Flashdisk di Android

Dulu, beberapa tahun ke belakang mungkin tidak pernah terbayang bagaimana membuka data yang tersimpan di USB Flashdisk menggunakan smartphone atau handphone yang kamu gunakan. Kini setelah teknologi USB OTG menjadi hal yang umum dan sudah didukung oleh berbagai macam smartphone terutama yang berbasis Android, maka kini bukan lagi hal yang sulit untuk membuka data flashdisk menggunakan Android.

Untuk cara buka data flashdisk di Android ada dua cara yang bisa kamu pilih pertama menggunakan kabel OTG. Dengan kabel ini kamu nantinya tidak hanya bisa menyambungkan sebuah Flashdisk ke hp Android tapi juga bisa menyambungkan keyboard, mouse sampai dengan card reader sehingga nantinya hp Android kamu bisa langsung membaca semua perangkat tersebut.

Membuka data flashdisk di Android menggunakan kabel OTG menjadi sebuah pilihan bijak terutama bila kamu masih menggunakan flashdisk versi lama yang belum dilengkapi dengan fitur OTG. Kabel OTG bisa digunakan untuk berbagai jenis Flashdisk yang kamu memiliki, jangan khawatir karena nantinya Android kamu akan otomatis mendeteksi semua data yang di flashdisk tersebut.

membuka data flashdisk di android menggunakan kabel otg

Alternatif kedua menggunakan flashdisk khusus yang sudah support OTG atau istilah kerennya dengan dual USB dimana di satu sisi flashdisk ini menggunakan koneksi USB biasa sehingga bisa disambungkan ke komputer, disisi lain dilengkapi micro USB sehingga bisa dengan mudah dikoneksikan ke port micro USB di ponsel Android kamu.

cara buka data flashdisk di android

Saat kamu menyambungkan sebuah flashdisk ke Android baik menggunakan kabel OTG atau memakai Flahsdisk OTG maka secara otomatis Android akan mendeteksi flashdisk tersebut. Di bilah notifikasi akan muncul pemberitahuan bahwa sebuah flashdisk telah terdeteksi, jalankan aplikasi file manager untuk melihat berbagai macam file yang tersimpan di Flashdisk tersebut.

cara melihat data di flashdisk menggunakan android

Kamu bisa mencari file yang ingin dibuka di flashdisk tersebut dengan menggunakan sebuah aplikasi file manajer dan masuk ke menu Penyimpanan USB. Bila kamu masih penasaran bisa simak manfaat dan fungsi OTG di Android, sehingga kamu bisa lebih mengetahui dengan fitur yang sangat berguna di Android namun terkadang jarang digunakan dan dimanfaatkan oleh pengguna Android.

Leave a Reply