Mengapa Android Sering Restart Sendiri?

Pas sedang asik-asiknya bermain game LGR dan COC tiba-tiba saja hp Android kamu ngerestart sendiri, alhasil kamu pun tidak bisa melanjutkan bermain game. Kesal dan sedikit marah pasti kamu rasakan ketika Android sering restart tanpa sebab dan tanpa alasan. Apa sih sebenarnya yang menyebabkan Android sering ngerestart sendiri? Apakah ada kerusakan hardware atau sistemnya yang error?

Android sering restart bisa disebabkan karena baterai yang memang sudah ngedrop, dudukan baterai yang tidak sempurna sehingga baterai mudah terlepas, ataupun konektor baterai yang kotor dan bermasalah. Langkah pertama mengatasi Android yang sering restart tentu saja, cek kondisi baterai, dan pastikan bahwa baterai terpasang dengan benar, tidak longgar yang bisa menyebabkan baterai terlepas begitu saja.

Kedua, masalah Android ngerestart sendiri bisa disebabkan karena terlalu panas atau overheat akibat terlalu banyaknya aplikasi yang berjalan secara bersamaan di hp Android kamu. Misalkan kamu bermain game LGR, COC terus mengakses medsos seperti FB dan Twitter secara bersama-sama, ditambah lagi chatting di BBM dan Line, alhasil di hp kamu banyak sekali game dan aplikasi yang berjalan dalam waktu yang bersamaan, yang akan menyebabkan Android menjadi cepat panas (overheat), yang pada akibatnya Android akan merestart sendiri. Karena selalu cek apakah banyak aplikasi yang berjalan atau tidak di Android kamu.

solusi android sering restart sendiri

Aplikasi dan Game yang kurang cocok atau kompetibel dengan hp Android kamu. Kamu sudah download game dari playstore, ketika menjalankan game tersebut ternyata kinerjanya tidak normal seperti sering ngelag, terpatah-patah ataupun sering loading. Nah, game atau aplikasi yang memang tidak cocok untuk dimainkan atau dijalankan di hp Android kamu bisa juga menyebabkan Android akan sering ngerestart sendiri. Oleh sebab sebelum menginstal sebuah game, pastikan bahwa hp Android kamu memenuhi spesifikasi yang diminta oleh game tersebut.

Penyebab keempat Android sering ngerestart sendiri adalah bisa disebabkan  sistem operasi di hp kamu telah error karena banyaknya file sistem yang hilang atau telah dimodifikasi. Untuk mengatasi masalah seperti ini kamu bisa mencoba untuk melakukan dulu Factory Default Android dengan resiko semua data di hp kamu akan hilang. Apabila setelah melakukan factory default, Android tetap error, maka tidak ada jalan kamu harus melakukan Upgrade Android ke versi terbaru yang akan membuat sistem di hp lebih fresh seperti baru beli dari pabrik.

Kelima, kerusakan hardware yang parah bisa menyebabkan Android kamu sering restart sendiri. Nah, apabila keempat cara diatas telah kamu coba tapi tetap hp kamu sering restart sendiri, maka sudah bisa dipastikan bahwa ada kerusakan pada sisi hardware. Solusinya bila masih dalam garansi sebaiknya kamu garansikan saja agar diganti dengan unit baru. Kerusakan hardware yang parah akan membuat kamu tidak nyaman untuk mempergunakan hp Android tersebut.

One Response to “Mengapa Android Sering Restart Sendiri?”
  1. ayub 06/07/2017

Leave a Reply