Mengembalikan Foto di Chat WA yang Terhapus

Sudah sering terjadi ketika selesai menghapus sebuah chat, kita baru ingat bahwa di chat tersebut ada foto atau gambar penting. Akhirnya kita bingung sendiri dan harus berpikir keras bagaimana mengembalikan foto di chat Whatsapp tersebut.

Saat kita akan menghapus sebuah chat di WhatsApp secara default akan muncul pilihan apakah kita akan menghapus media yang ada di chat tersebut atau tidak? Bila kita memberi ceklis pada opsi Hapus Media tentunya nantinya foto atau video yang ada di chat akan terhapus selamanya dari hp Android kamu.

mengembalikan foto di pesan whatsapp yang terhapus

Foto yang sudah terhapus saat kita hapus chat WA tidak akan muncul lagi di galeri Android. Terkecuali untuk foto yang pernah kita kirim maka akan ada arsipnya di folder WhatsApp pada memori internal hp Android kamu.

Khusus untuk foto yang kita kirim, selamanya akan ada di folder Sent meskipun kita telah menghapus chat WA tersebut. Jalankan aplikasi file manager di hp Android kamu lalu masuk ke folder WhatsApp-Media lalu WhatsApp Image dan disini kamu bisa melihat folder Sent yang berisi arsip semua media yakni foto yang pernah kita kirimkan via WhatsApp.

melihat foto yang pernah dikirim di WA

Lalu bagaimana bila foto yang terhapus di chat WA tersebut adalah foto yang diterima dari orang lain, apakah masih bisa dikembalikan? Jawabanya masih ada harapan, meskipun tipis.

Untuk mengembalikan foto di chat WA yang terhapus kamu bisa memanfaatkan fitur backup dan restore di WhatsApp. Pertama silahkan masuk ke menu Setelan WhatsApp pilih Chat – Cadangan Chat. Cek terakhir kali WhatsApp melakukan proses Backup.

mengembalikan foto di chat wa yang terhapus

Pastikan bahwa proses Backup terjadi beberapa jam sebelum kamu menghapus sebuah chat. Sebagai contoh apabila kita hapus chat pada jam 2 siang, pastikan bahwa Backup atau Cadangan Chat terjadi pada beberapa jam sebelumnya misalkan jam 9 pagi dimana kamu telah menerima pesan tersebut, bingung kan?

Selanjutnya bila kamu ternyata pernah melakukan backup beberapa jam sebelum menghapus chat, maka kita bisa dengan mudah mengembalikan foto di chat wa yang terhapus lewat proses restore Backup chat di WhatsApp, yakni hapus terlebih aplikasi WhatsApp di hp Android kamu, lalu install lagi, login pakai nomor yang sama dan lakukan restore chat.

Bagaimana apabila kamu tidak pernah melakukan proses backup chat atau tidak mengaktifkan fitur backup wa ke Google drive? Tentu saja kamu tidak akan lagi mengembalikan foto yang sudah terhapus di chat WA.

Leave a Reply