Cara Cek Spesifikasi Android dengan Mudah dan Cepat

Kamu baru saja membeli sebuah hp Android terbaru dan terkini, menurut penjualnya Android yang kamu beli tersebut memiliki spesifikasi dan fitur high end dan bisa memainkan game terbaru Android tanpa ngelag dan ngehang. Nah, apabila kamu penasaran, benarkah Android yang kamu beli tersebut memiliki spesifikasi tinggi dan terkini, ada cara tercepat dan termudah untuk mengecek specs Android.

Pertama kamu memerlukan sebuah aplikasi khusus untuk mengetahui spesifikasi Android kamu, salah satunya aplikasi CPU-Z seperti pada gambar di bawah ini, yang bisa kamu download langsung dari Google Playstore, jangan khawatir ukuran aplikasi ini cukup kecil kok cuma 1MB sehingga kamu bisa hemat kuota internet di Android tanpa khawatir pulsa terpotong.

cek specs android lengkap dan mudah

Jalankan aplikasi ini, pada tampilan awal kamu bisa melihat tab SOC yang berisi informasi tentang Prosesor (CPU), Pengolah Grafis (GPU). Dalam contoh, prosesor yang dipakai adalah Quad Core karena ada 4 CPU, selanjutnya dari sisi pengolah grafis memakai Mali-400 MP. Apabila kamu ingin menggunakan Android untuk bermain game, ada beberapa spesifikasi Android yang perlu diperhatikan salah satu diantaranya adalah jenis CPU, GPU dan memori RAM.

cek spesifikasi android dengan mudah

Pada bagian sistem kamu bisa melihat Mode hp Android yang kamu pakai, merk, sampai sistem operasi dan jumlah memori RAM Android kamu. Dalam contoh terlihat bahwa handphone yang dipakai adalah merk Nexian dengan model Mi438S, menggunakan sistem operasi Android 5.1.1 Lollipop, memori RAM 1GB dan informasi lainnya.

cara cek fitur android dengan mudah

Dengan menggunakan aplikasi ini juga kamu bisa dengan mudah membedakan hp Android Asli dan Supercopy (SC), semisal bila kamu membeli Android merk Samsung, maka akan jelas tertera di bagian manufacturernya dan modelnya adalah Samsung, berbeda bila yang kamu pakai adalah versi supercopy, maka yang tertera adalah Android Generic atau merk lain.

Leave a Reply