Siti Syarah
Info, Aplikasi, Games, Tutorials untuk Android dan iPhone

Cara Mengatasi Kesalahan Saat Mengambil Informasi dari Server di Playstore

Siapa sih yang tidak kenal dan tahu Google Play Store, bagi pengguna Android, Google Play Store merupakan tempat utama untuk download berbagai macam game dan aplikasi resmi Android. Download aplikasi dan game di Playstore terkadang tak selamanya normal, ada saja kesalahan yang mungkin saja terjadi, satu yang sering dialami oleh pengguna Android adalah error Kesalahan saat mengambil informasi dari server saat akan download sebuah aplikasi atau game, bagaimana solusinya? Berikut adalah tips singkatnya.

Pertama, solusi termudah dan tercepat adalah silahkan ganti kartu sim kamu menggunakan operator lain atau bila ada koneksi wifi, gunakan koneksi wifi untuk download aplikasi tersebut dari Google Play Store. Kenapa? Karena error kesalahan saat mengambil informasi dari server di Playstore muncul disebabkan koneksi internet yang tidak lancar alias terjadi gangguan koneksi antara hp Android kamu dengan server.

Kedua, bila kamu tidak ingin mengganti kartu sim juga kamu tidak memiliki koneksi Wifi, bisa dicoba untuk mengganti dulu Pengaturan Akses Point (Titik Akses Internet) alias APN Android kamu. Masuk ke menu Setelan – Jaringan Seluler – Nama Titik Akses kemudian pilih APN yang cocok dan sesuai dengan operator yang kamu pakai. Bila masih bingung, simak Cara Setting APN Android dimana kamu mensetting nama titik akses dengan benar sesuai operator yang dipakai.

solusi kesalahan saat mengambil informasi dari server

Ketiga, bila masalah tidak dapat mengambil informasi dari server tetap muncul meski kamu sudah mengganti kartu SIM, ganti APN ataupun pakai koneksi Wifi. Langkah ketika bisa kamu coba untuk melakukan Clear Data (Hapus Data) terlebih dahulu di Aplikasi Google Playstore. Masuk ke Setelan – Aplikasi lalu pilih Google Play Store – Hapus Data.

kesalahan saat mengambil informasi dari server android

Lakukan hal yang sama pada Google Services Framework atau Kerangka Kerja Layanan Google.

mengatasi kesalahan saat mengambil informasi dari server playstore

Setelah melakukan Hapus Data kamu bisa coba kembali untuk download aplikasi atau game dari Google Playstore. Itulah beberapa cara untuk mengatasi masalah Mengatasi Kesalahan Saat Mengambil Informasi dari Server yang sering terjadi ketika kita akan download aplikasi dari Google Playstore.

71 comments

  1. Di pengaturan saya cuman ada telkomsel gprs sis,gak ada telkomsel tok,gimana sis….

    1. @Amira :: Sudah dicoba untuk menggunakan koneksi Wifi terlebih dahulu? karena biasanya masalah error seperti diatas karena koneksi yang tidak stabil.

  2. Q menggunakan cara yg menghapus gogle playstore kemudian gogle services framework. Tp tetap aja. Trus gmn carany……

    1. @Eka :: Coba gunakan koneksi wifi terlebih dahulu atau koneksi internet yang lebih cepat, biasanya karena internet yang lambat juga bisa menyebabkan masalah seperti ini.

    1. @Helmi :: kalau tetap masih juga error, coba lakukan proses factory default / kembali ke setelan pabrik hp Androidnya.

    1. @Didik :: coba gunakan koneksi wifi terlebih dahulu. apabila setelah menggunakan wifi dan factory default tetap tidak bisa konek, maka jalan terakhir yang bisa dicoba adalah lakukan proses update firmware.

    2. saya juga pake mito t720 dan mempunyai masalah yang sama dan cara diatas memang gak bisa membantu mungkin karna mito yg bermasalah .jadi satu satinya cara adalah mendownloat play store baru yg bukan google saya memakai mobomarket play store dan bisa mendownload lagi. untuk mendowloadnya cari saja lewat browser…

      1. @Tri :: yups, terima kasih ada salah satu solusinya, semoga bermanfaat bagi pembaca lain.

  3. Mohon bantuannya admin
    saya pakai iphone 6s replika tapi sewaktu download dan upgrade aplikasi melalui app store selalu muncul error “kesalahan saat mengambil informasi dari server”
    terima kasih

    1. @Putra :: Coba agan lakukan dulu langkah demi langkah diatas untuk mengatasi masalah yang sedang agan hadapi, pastikan bahwa agan menggunakan koneksi yang stabil dan tidak lambat.

    1. @Cindra :: kalau gambar engga muncul di playstore, ada kemungkinan karena koneksi internet di hp agan tidak stabil atau lambat.

    1. @Jojoe :: Coba pakai koneksi Wifi terlebih dahulu, atau pakai koneksi internet dari operator lain.

  4. Uda ngikutin cra di atas pake koneksi wifi tapi yang keluar Google Play Berhnti :3 Solusi ?

    1. @Muhammad :: agan bisa coba terlebih dahulu untuk Hapus Data di aplikasi PlayStore and Google Services Framework

  5. Mbak ini gimna kok playstorenya gabisa , udah dicobaiin cara yg diatas tetep aja gabisa

  6. Kesalahan server rcsnya udh hilang tapi yg muncul malah kesalahan RH-01 ksh tau dong ka cara untuk ngatasinnya?

    1. @Naufal :: Error RH-01 di Playstore bisa disebabkan karena salah mengatur waktu dan tanggal di hp Android, bisa dicoba juga untuk melakukan clear cache dan data di Playstore, hapus dulu akun playstore lalu tambahkan lagi.

  7. Error RH-01 diplay store samsung tab 2 p3100 bagaimana mengatasinya kak?? Clear data di google play store sudah dilakukan spt contoh diatas.. sudah dicoba menggunakan wifi juga masih tidak bisa… mohon bantuannya…

    1. @Edo :: Coba cek pengaturan waktu pastikan sudah sesuai dengan zona waktu agan misalkan WIB atau WIT, selain itu coba untuk logout dulu/ hapus dulu akun Playstore di Androidnya, lalu tambahkan lagi.

    1. @Edo :: tidak ada cara lain, agan harus coba pakai koneksi wifi yang lebih cepat, pastikan settingan tanggal dan waktu di hp Androidnya sudah benar.

  8. saya udah lakukan spt d atas,tp malah muncul tulisan:”kesalahan saat mengambil informasi dari server(RH-01)” pd play store.
    hp saya smartfren.
    tlong bantuan utk mengatasinya..

    1. @Mumtaz :: Error RH-01 di Playstore bisa disebabkan karena settingan tanggal dan waktu di hp Android agan tidak cocok/sesuai dengan wilayah agan. Selain itu agan bisa coba terlebih gunakan koneksi Wifi yang lebih stabil.

  9. Kak.. Udah di cobain smua cara di atas , bahkan udah di kembalikan ke pengaturan pabrik kok masih tetap “kesalahan saat mangambil informasi dari server [RH-01] ” mohon bantuan nya kak … Trima ksih…

    1. @Albert:: error RH-01 bisa disebabkan karena pengaturan tanggal dan waktu yang salah di hp Android agan, selain itu coba gunakan koneksi wifi terlebih dahulu.

  10. ga bisa mas malah keluar “Aplikasi ini Tidak Akan Berjalan Tanpa Layanan Google Play” gimana ya solusinya ?

    1. @Andika :: kalau cuma clear data dan cache pasti bisa. Pastikan bahwa agan sudah menginstall Layanan Google Play dari Playstore.

  11. assalamualaikum
    ngak bisa download melalui apps store iphone saya “kesalahan saat mengambil informasi dari server.[RPC:S-7:AEC-0AOXB-5IIV-NF3DU]” tulisan seperti ini yang muncul mohon bantuannya

    1. @Diana :: pastikan settingan waktu dan tanggal di hp Android sis sudah benar, selain itu gunakan koneksi wifi terlebih dahulu.

  12. Koq masih tetap gk bisa ya…kesalahan mengambil server rh-01 katanya…bantuin dong solusinya

    1. @Inara :: Coba rubah pengaturan waktu dan tanggal, gunakan koneksi wifi terlebih dahulu.

    1. @Andi :: Error yang agan hadapi bisa disebabkan karena pengaturan waktu dan tanggal yang tidak benar, koneksi yang tidak stabil dan secure karena itu coba gunakan koneksi lain terlebih dahulu semisal wifi.

    1. @Rizky :: Sama saja caranya seperti diatas, yang terpenting hp-nya Androidnya bisa menggunakan langkah diatas.

    1. @Rifai :: Pilih APN Telkomsel Internet atau silahkan buat APN baru masukan nama APN: Internet atau telkomsel untuk kolom yang lainnya dikosongkan saja.

  13. Terima kasih atas bantuan nya siti syarah, google play store ku sudah bisa, tapi masih ada kekurangan sedikit. Kalau boleh tau, sedikit pas saya nyari permainan tidak muncul permainan yang saya tulis di play store, respon.

    1. @Aditya :: Ada beberapa kemungkinan kenapa game tidak muncul saat di cari di Playstore: 1. OS Android agan tidak didukung oleh game tersebut; 2. Game tersebut hanya tersedia di negara terbatas (tidak tersedia di seluruh dunia); 3. Koneksi internet agan lambat sehingga proses query tidak lancar.

  14. Kalo masih tetap eror gimana kak? wifi stabil. udah flashing segala macam. tetap aja kyak gitu.untuk hp samsung galaxy young. makasih kak

    1. @Lia :: berarti ada masalah dengan hp Android agan, bisa juga karena adalah masalah akun Playstore agan. Coba login dulu di hp Android lain, apakah normal?

    1. @Agung :: masa engga ada? semua ponsel Android pasti ada kok, coba rubah dulu bahasanya ke Bahasa Indonesia.

  15. Gan kok masih kesalahan saat mkn ngambil ingormasi RH 10
    Udh saya coba cara diatas semua masih kesalah ea wifi juga tetep km salah solusi.x gimna nih

    1. @Arif :: Pengaturan waktu dan tanggalnya sudah benar? juga coba aktifkan terlebih fitur location di Androidnya.

    1. @Iam :: agan bisa coba terlebih berbagai cara diatas untuk mengatasi masalah yang sedang agan hadapi tersebut.

  16. Saya sudah mencoba semuanya, tetapi tetap tidak bisa. Saya jg memakai wifi, tetapi nihil. Lalu saya sudah mencoba melakukan flash, tetapi tidak ada hasil, masih tetap sama “Kesalahan saat menghubungi informasi dari server (RH-01)” Solusi lainnya gimana ya?

    1. @Vincentius :: udah coba pakai koneksi internet dari operator lain? terus pengaturan waktu dan tanggal sudah benar?

  17. Klo pnya saya di kembalikan ke setelan pabrik habis itu perbarui play storenya.. ngomong2 Terima kasih @siti aisyah

    1. @Assa :: Coba lakukan terlebih hapus data dan cache di menu Setelan – Aplikasi – Google Playstore.

  18. Ka kesalahan saat mengambil informasi dari server. [Rh-01],untuk pengaturan tanggal dan waktu sudah benar, sudah menggunakan wifi juga, berarti ini kenapa ya? Mohon solusinya

    1. @Reza :: Sudah dicoba untuk clear data dan cache dari aplikasi Google Playstorenya, selain itu coba untuk logout dari akun Google kemudian login kembali.

  19. – Root hp
    – Install root explorer
    – Buka /system/etc
    – Delete “hosts”
    – Bikin baru lagi file “hosts”
    – Edit “127.0.0.1 localhost”
    – Reboot

    1. @Julia :: Coba di reset kata sandinya, yang penting sis ingat secara detail tentang akun Google tersebut mulai dari kapan pertama kali membuatnya, kontak yang sering dihubungi pakai email tersebut sampai data lainnya, juga pastikan nomor telepon yang dipakai di akun tersebut masih aktif.

  20. Cara terakhir/pamungkas jika semua tips diatas dan semua keluahan lewat komen blm ketemu solusinya adalah ; FLASH DEVICE ANDA ,, istilah awamnya di reinstal softwarenya lagi ,, itu cara terakhir ..

Leave a Reply

Your email address will not be published.