Ciri Android Rusak EMMC

Tak selamanya handphone Android yang kamu pakai akan terus menerus bekerja dengan maksimal dan stabil, pasti suatu saat akan mengalami masalah mulai dari yang ringan yakni bootloop atau tidak bisa masuk ke menu Android karena hanya restart terus menerus sampai yang terberat yakni hp Android kamu tidak bisa flash juga gagal ketika akan dilakukan factory reset atau wipe lewat menu recovery mode karena adanya kerusakan pada IC eMMC di Android.

Singkatan dari EMMC adalah Embedded Multimedia Card (Controller) dimana ic ini terdiri dari dua bagian yakni nand flash dan controller nand flash. Kondisi EMMC Android rusak atau bermasalah bisa disebabkan karena controllernya yang rusak sehingga tidak bisa melakukan write ke nand flash, juga tak menutup kemungkinan nand flashnya yang rusak hingga akhirnya controller tidak bisa melakukan fungsinya. Lalu apa dong ciri-ciri Android rusak emmc itu?

Pertama, Android di Flash tapi masih tetap bootloop meskipun kamu sudah menggunakan beberapa versi firmware atau rom mulai dari stock rom resmi sampai memakai custom rom. Setelah selesai dilakukan upgrade atau flashing, Android kamu tetap saja bootloop tidak bisa masuk menu. Nah, masalah seperti ini bisa dikarenakan emmc Android kamu sudah rusak atau bermasalah.

Kedua, gagal ketika melakukan proses factory reset/ wipe Android ke default baik itu dilakukan lewat menu Setelan – Buat Cadangan dan Setelah ulang maupun wipe Android lewat menu recovery Mode. Kegagalan untuk mengembalikan Android ke setelan pabrik bisa diakibatkan karena proses write atau erase pada emmc tidak bisa dilakukan akibatnya adanya kerusakan pada ic emmc tersebut.

ciri android rusak emmc

Ketiga, ponsel Android menjadi lemot, tidak bisa bekerja seperti biasanya, sering banget ngehang, not responding dan bahkan kamu selalu mengalami kegagalan ketika akan akan install atau menambah aplikasi Android lewat Google Playstore. Ini bisa dimaklumi karena ketika emmc rusak maka proses baca tulis emmc menjadi terhambat akibat kinerja Androidnya semakin menurun yang akhirnya lambat.

Lalu apa dong solusi apabila Android mengalami masalah emmc rusak? Karena ini sudah menyangkut hardware, maka tidak ada cara lain yakni kamu harus mengganti ic emmc yang rusak tersebut, bisa dengan cara membawanya ke service center atau apabila handphone Android kamu masih dalam masa garansi, sebaiknya digaransikan saja untuk menghindari kerugian yang lebih besar.

Leave a Reply