Siti Syarah
Info, Aplikasi, Games, Tutorials untuk Android dan iPhone

Menambah Bahasa Indonesia di Android Tanpa Root

Bagi kamu yang sudah terbiasa menggunakan bahasa Indonesia tentunya akan mengalami kesulitan saat harus memakai bahasa Inggris di hp Android yang baru saja kamu beli. Kenapa di Android terkadang tidak ada bahasa Indonesia? Salah satu penyebabnya bisa jadi karena hp Android tersebut menggunakan firmware internasional atau memakai ROM yang bukan untuk regional Indonesia, alhasil yang ada hanyalah pilihan Bahasa Inggris.

Sebenarnya untuk tambah bahasa Indonesia di Android secara permanen atau menyeluruh kamu harus melakukan proses flashing atau upgrade Android menggunakan firmware atau OS khusus untuk regional Indonesia sehingga nantinya pilihan Bahasa Indonesia akan secara default ada di menu Setelan Bahasa dan Masukan. Namun tentunya cara upgrade Android ini bagi sebagian besar pengguna Android akan terasa sangat sulit karena apabila terjadi saja kesalahan kecil maka hp Android kamu akan mengalami bootloop alias tidak bisa masuk ke menu.

cara menambah bahasa di android

Menambah bahasa di Android juga bisa dilakukan dengan mudah yakni memakai custom rom, tapi sekali lagi bagi kamu yang belum terbiasa dengan proses rooting maka tentunya cara ini juga tidaklah praktis, sebab bila kamu mengalami gagal root Android maka akan berakibat fatal seperti terjadi bootloop dan bahkan bisa saja hp Android kamu menjadi tidak bisa booting.

Lalu bagaimana dong cara termudah untuk menambah Bahasa Indonesia di Android tanpa harus melakukan upgrade dan root Android? Cara termudahnya adalah dengan menggunakan aplikasi khusus yang bisa menambah bahasa di Android dengan langkah mudah. Di Playstore sendiri ada banyak sekali aplikasi yang memang diperuntukan untuk tambah Bahasa secara mudah dan cepat, seperti aplikasi More Locale 2 dimana aplikasi ini akan membantu kamu menambah pilihan Bahasa Indonesia di hp Android kamu.

cara tambah bahasa indonesia di android

Bagaimana cukup mudah bukan untuk mengganti atau menambah Bahasa Indonesia di hp Android tanpa harus melakukan proses rooting maupun update firmware Android ke regional Indonesia. Namun, jangan heran bila nantinya ada beberapa aplikasi yang kamu jalankan tidak sepenuhnya tampil dengan Bahasa Indonesia.

37 comments

  1. ga semua HP bisa gan, beberapa HP china ga bisa, seperti Evercoss, Mito, SPC, dll. :3

  2. Assalamualaikum…@siti::saya sudah mendownload applikasi tersbut tapi tetep tida bisa memakai bahasa indonesia y…? Tolong kasih arahan

    1. @Ahyar :: Coba pakai aplikasi serupa yang banyak tersedia di Playstore. Apabila nanti masih tetap tidak ada pilihan Bahasa Indonesia, berarti Android agan harus di flash/ update memakai firmware untuk regional Indonesia.

    1. @Agus :: untuk samsung solusi termudah coba di flash via ODIN di komputer menggunakan firmware untuk regional Indonesia.

    1. @Dyon :: Pada dasarnya sama aja kok gan, cara diatas juga bisa digunakan di Lollipop, Marshmallow ataupun Nougat.

  3. samsung j700f sya sudah instal morelocale 2…tetep aja g bisa…gimana ya cara ny..tlong ksih info ny

    1. @Ridwan :: Coba di flash menggunakan firmware untuk regional Indonesia gan biar sudah ada bahasa Indonesia secara default.

    1. @Novwan :: Coba terlebih dahulu seperti cara diatas, apabila nanti tetap error berarti harus di flash Androidnya menggunakan stock rom untuk regional Indonesia.

  4. Lalu bagai mna dengan hp grand prime … sudah 3 aplikasi serupa tpi bahasa tetep tidak bisa

    1. @Ahmad :: Solusi termudah di flash menggunakan stock rom atau firmware untuk regional Indonesia sehingga nantinya otomatis ada bahasa Indonesia, untuk firmwarenya agan bisa cari di sammobile.com

    1. @Isal :: seharusnya bisa, tapi kalau tetap bermasalah sebaiknya ganti aja ke ROM Global stabil yang sudah ada bahasa Indonesia.

    1. @Anna :: Coba gunakan aplikasi lain yang hampir sama dengan yang diatas, biasanya tanpa root juga bisa kok.

    1. @Rovin:: Coba cari di website resmi vendor handphone yang agan pakai tersebut, bila agan pakai Samsung coba di sammobile.com

    1. @restu :: Cara diatas bisa untuk semua hp Android kok, jadi untuk Samsung S4 replika juga seharusnya bisa.

        1. @Bheni :: kemungkinan hp Android agan harus di flash sama tukang servis, harga servis di kisaran 100 ribu rupiah.

    1. @Murahaban :: selama masih menggunakan OS Android, bisa kok menggunakan cara diatas.

    1. @Tomi :: Tidak harus di root kok gan meski mungkin hasilnya tidak semaksimal bila Androidnya sudah di root.

Leave a Reply

Your email address will not be published.