Sinyal Android Selalu Edge

Internet yang cepat dan tidak lemot di Android menjadi dambaan setiap orang, beruntung bagi kamu yang sudah bisa menikmati jaringan 4G dengan koneksi yang super cepat dimana kecepatannya bisa berkali lipat dibandingkan dengan HSDPA/3G. Dengan internet Android yang cepat dan anti lemot tentunya kamu bisa melakukan berbagai aktivitas dengan lancar pula, mulai dari bermain game COC, LGR ataupun Hayday juga saat ngobrol di Line atau BBM bersama teman.

Namun tidak selamanya koneksi seluler di Android kamu bisa lancar dan cepat seperti yang diinginkan, adakalanya koneksi tiba-tiba menjadi lambat dan lemot meski kamu sudah menggunakan aplikasi Android untuk mempercepat koneksi internet. Dengan kondisi internet yang tidak stabil dan lembat tentunya membuat kita malas untuk membuka BBM, bermain game online ataupun sekedar unggah foto ke FB dan Twitter karena sudah pasti akan selalu muncul error terkoneksi ke internet.

Salah satu penyebab kenapa internet di Android lambat dan tidak stabil adalah karena ternyata jaringan atau sinyal di hp Android selalu edge bukan HSDPA/3G. Seperti kita ketahui Perbedaan HSDPA dan EDGE adalah dari sisi kecepatan dimana HSDPA memiliki kecepatan yang hampir 10 kali lipat lebih dibandingkan dengan edge, sehingga tentu saja bila di Android hanya muncul sinyal, tidak mengherankan bila koneksi seluler terasa lambat dan tidak stabil.

Solusi pertama jaringan Android selalu Edge adalah pastikan bahwa di daerah kamu memang sudah tercover atau ada sinyal HSDPA-nya. Kamu bisa cek menggunakan hp teman kamu dengan memakai kartu sim dari operator yang sama. Apabila ternyata di hp teman kamu juga tidak muncul sinyal HSDPA atau selalu EDGE, berarti masalah bukan di hp Android kamu tapi dari sisi jaringan yang memang tidak ada sinyal hsdpa.

Kedua, apabila di hp teman kamu muncul sinyal hsdpa sedangkan di hp Android kamu hanya sinyal EDGE padahal sama-sama menggunakan kartu sim dari operator yang sama? Ini jelas sekali bahwa masalah ada di hp Android kamu. Masuk ke menu Setelan – Jaringan Seluler lalu pastikan pada Jenis jaringan yang dipilih adalah 3G Only bukan 2G atau Auto Mode. Dengan memiliki HSDPA/3G maka mau tidak mau, hp Android kamu akan selalu mencari sinyal HSDPA.

jaringan android selalu edge

Apabila Android tetap hanya menampilkan jaringan edge, maka kamu bisa juga mencoba untuk memilih jaringan secara manual terlebih dahulu, ini berfungsi agar kita bisa memilih jaringan yang benar-benar stabil sesuai dengan daerah kamu.

sinyal android selalu edge

Ketiga, coba menggunakan sim card lain terlebih dahulu, yups bisa jadi karena sim card yang kamu pakai saat ini memang sudah error sehingga tidak bisa terkoneksi ke jaringan HSDPA. Kamu bisa coba menggunakan kartu sim lain baik dari operator yang sama maupun yang berbeda operator. Apabila nantinya setelah menggunakan sim card lain, ternyata muncul jaringan hsdpa ini artinya bahwa sim card lama kamu sudah bermasalah.

4 Responses to “Sinyal Android Selalu Edge”
  1. Adhi 01/12/2016
    • Siti Syarah 01/12/2016
  2. Zainul 25/03/2017
    • Siti Syarah 26/03/2017

Leave a Reply