Bisakah Memperbaiki Bootloop Tanpa PC

Penyebab terjadinya bootloop di Android bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, mulai dari kesalahan saat mengganti font atau huruf, gagal ketika melakukan proses root, error pada file system sehingga menyebabkan Android tidak bisa booting dengan normal sampai yang terparah adalah karena adanya kerusakan dari sisi hardware terutama dibagian eMMC sehingga Android tidak bisa membaca file system.

Apakah Android Bootloop Bisa Diperbaiki?

Jawabannya tentu saja bisa! Untuk kamu yang tiba-tiba mengalami masalah handphone Android mengalami bootloop tanpa tahu penyebabnya, jangan khawatir karena sebenarnya kamu sendiri bisa kok mengatasi masalah bootloop tersebut terutama bagi mereka yang sering melakukan modifikasi terhadap file system di Android. Ada dua cara mengatasi bootloop yakni di flash menggunakan PC dan update OS lewat menu recovery mode tanpa harus memakai PC.

Memperbaiki bootloop Android tanpa PC bisa dilakukan lewat menu recovery mode yakni dengan melakukan proses update. Bila kamu baru menggunakan Android, ada baiknya simak terlebih dahulu tentang apa fungsi Recovery pada Android sehingga lebih memahami cara kerja dari recovery ini.

apakah android bootloop bisa diperbaiki

Saat melakukan proses update OS Android lewat menu recovery pastikan kamu sudah memilih firmware yang berbentuk file zip agar nantinya bisa terbaca dengan lancar di menu recovery. Disarankan kamu menggunakan custom recovery seperti TWRP atau CWM agar proses update atau restore bisa berjalan sempurna dan tidak terlalu sulit dibandingkan harus menggunakan recovery bawaan Android.

Ketika melakukan proses update atau flashing untuk memperbaiki Android bootloop sebaiknya kamu hindari menggunakan custom rom dan selalu pilih Stock Rom Android atau firmware resmi dari vendor ponsel tersebut. Kenapa? Karena kinerja custom rom terkadang masih memiliki beberapa kelemahan dan kinerjanya tidak sebaiknya dari stock rom resmi.

Android Bootloop Setelah Flashing

Ternyata setelah dilakukan proses flashing atau update Android entah itu lewat menu recovery mode ataupun PC ternyata Android tetap mengalami bootloop? Ada dua penyebabnya yakni karena firmware yang kamu pakai untuk proses flashing tidak sesuai untuk type hp yang kamu miliki tersebut, solusinya yakni gunakan ROM atau firmware lain yang berbeda dan pastikan selalu gunakan ROM resmi dari vendor ponsel tersebut.

Bila ternyata setelah memakai berbagai macam firmware yang berbeda, Android kamu tetap mengalami bootloop ada kemungkinan karena sudah terdapat kerusakan pada bagian hardware terutama dibagian eMMC. Salah satu indikator atau ciri eMMC Android rusak atau bermasalah adalah selalu mengalami kegagalan saat dilakukan proses update atau flash Android.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest