Setelan Penggunaan Data Seluler Android

Apakah kamu merasa penggunaan kuota internet di Android sangat boros, karena baru saja mengisi paket yang 5GB per bulan, tapi justru baru dipakai selama seminggu saja kamu sudah menerima sms dari operator bahwa kuota internet di hp Android hampir habis. Lho kok bisa? Padahal seingat kamu, Android hanya dipakai untuk kirim pesan lewat BBM dan WA saja, sangat jarang dipakai untuk internetan atau aktivitas online lainnya. Bagaimana sih settingan Android agar kita bisa mengetahui berapa besar kuota yang sedang kita gunakan, sehingga nantinya bisa lebih berhemat kuota internet di Android?

Khusus untuk kamu yang sering banget mengalami masalah kuota internet cepat habis di Android bisa jadi salah penyebabnya adalah karena fitur auto update aplikasi dan game di Playstore aktif, sehingga tanpa kamu sadari setiap ada pembaruan maka secara otomatis Playstore di Android kamu akan melakukan update yang tentu saja proses ini akan membuat kuota internet di Android cepat habis, apalagi bila yang di update tersebut merupakan game atau aplikasi berukuran besar. Karena itulah pastikan kamu menonaktifkan update otomatis di hp Android.

Sedangkan untuk mengatur penggunaan data di Android, agar setiap waktu kamu bisa mengetahui berapa besar kuota yang sudah terpakai caranya sangatlah mudah yakni masuk ke menu Pengaturan – Penggunaan Data lalu aktifkan pada Setel batas data seluler. Pada gambar di bawah terlihat bahwa batas penggunaan selulernya adalah 26GB.

setel batas penggunaan data seluler android

Dengan mengaktifkan fitur batas data seluler ini maka secara secara otomatis hp Android kamu akan menghentikan koneksi seluler apabila telah mencapai batas pemakaian yang kamu tentukan. Semisal bila kamu menentukan bahwa batas penggunaan kuota internet adalah 1GB, maka nanti secara otomatis koneksi internet akan berhenti apabila pemakaian telah mencapai 1GB.

Kenapa perlu menyetel batas pemakaian koneksi seluler di Android? Jawabannya tentu saja agar kamu terhindar dari masalah pulsa di Android cepat habis cuma karena gara-gara kuota internet di hp kamu habis setelah secara otomatis koneksi internet memotong pulsa secara langsung yang berakibat pulsa kamu terkuras tanpa kamu sadari.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest